Senin, 10 Juni 2013

PHYSICAL LAYER

PHYSICAL LAYER
Tujuan Physical Layer

Menerima suatu frame yang sudah lengkap dari Data Link Layer dan mengencodenya sebagai suatu seri dari sinyal yang ditansmisikan ke media lokal (Membuat sinyal elektrik, optik, atau microwave yang merepresentasikan bit dari setiap frame).

Gambar 1. Media jaringan berada pada layer ini (kabel, microwave, fiber optic)
Elemen-elemen Physical Layer
Pengiriman frame ke media lokal mensyaratkan elemen dari physical layer, yaitu :
1.      Media fisik dan konektor terkait (Misalnya Kabel UTP dengan konektor RJ-45)
2.      Representasi bit di media
3.      Encoding data dan kontrol informasi
Jalur transmitter dan receiver pada perangkat jaringan
Gambar 2. Alur jaringan komputer
Bentuk Media Jaringan
Ada 3 bentuk dasar media jaringan dalam membawa data, yaitu :
1.      Copper Cable (Sinyal dalam bentuk elektrik)
2.      Wireless (Sinyal dalam bentuk radio transmisi / microwave)
3.      Fiber (Sinyal dalam bentuk cahaya terang - cahaya redup)



Gambar 3. Representasi sinyal dari tiap-tiap media
Standar Hardware
Physical layer bermain dengan hardware, maka dari itu diperlukan standar baku untuk hardware agar physical layer dapat menjalankan tugasnya. Standar-standar tersebut dibuat oleh :
1.      The International Organization for Standardization (ISO)
2.      The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)
3.      The American National Standards Institute (ANSI)
4.      The International Telecommunication Union (ITU)
5.      The Electronics Industry Alliance/Telecommunications Industry Association (EIA/TIA)
6.      National telecommunications authorities such as the Federal Communication Commission (FCC) in the USA.

Media fisik yang berbeda mempengaruhi dalam kecepatan transfer data.
Transfer data dapat diukur melalui 3 cara, yaitu :
a.       Bandwidth
b.      Throughput
c.       Goodput

Bandwidth
Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits persecond). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan Bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation

Tabel 1. Keterangan Panjang & Kecepatan Maksimum Media Jaringan
Media
Panjang Maksimum
Kecepatan Maks
Kabel Coaxial 50 Ohm
(Ethernet 10Base2, ThinNet)
200 m
10-100 Mbps
Kabel Coaxial 75 Ohm
(Ethernet 10Base5, ThickNet)
500 m
10-100 Mbps
UPT Kategori 5
(Ethernet 10BaseT, 100 Base-TX)
100 m
10 Mbps
UPT Kategori 5
(Ethernet 100BaseTX, Fast Ethernet)
100 m
100 Mbps
Multimode (62.5/125um)
Serat Optik 100Base-FX
2 km
100 Mbps
Singlemode (10um core)
Serat Optik 100Base-LX
3 km
1000 Mbps (1 Gbps)
Teknologi lain yang sedang diteliti
40 km
2400 Mbps (2,4 Gbps)
Wireless
100 m
2 Mbps
Infra Red (IrDA)
1 m
4 Mbps
Throughput
Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.
Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah :
1.      Piranti jaringan
2.      Tipe data yang ditransfer
3.      Topologi jaringan
4.      Banyak pengguna jaringan
5.      Spesifikasi komputer client/user
6.      Spesifikasi komputer server
7.      Induksi listrik dan cuaca

Goodput
Goodput adalah pengukuran transfer data yang dipakai pada periode waktu tertentu.

Gambar 4. Goodput dan Throughput dalam transfer data


Referensi :
(01-06-2013, 19.00)
(01-06-2013, 19.00)
(01-06-2013, 19.00)
(01-06-2013, 19.00)
(01-06-2013, 19.00)
(01-06-2013, 19.00)

(01-06-2013, 19.00)



5 komentar:





  1. Windows 10 is a great operating system, but to work at its best it also
    requires regular updates, high performance hardware and, ideally, between 10
    to 20GBs of free disk space. If you haven’t organized any one of these as well
    as you could, this can stop you from having a fast computer. Prog Frog

    If you’ve been typing online searches like, “how to make my computer faster” and
    not gotten very far, you can speed up your computer with these great tips.blog prog

    Restart your computer
    If you notice your computer speed dropping for the first time, shut down your machine
    when you’re not using it instead of leaving it in sleep or hibernate mode. A full shutdown
    closes all running programs and prevents your PC from getting clogged up by unnecessary processes.
    Obviously, make sure you’ve saved all your work before doing this. Auto Pliot

    Disable unnecessary startup apps
    Some programs start running once you log in to your computer. For a fast computer, you should disable
    some apps. To deactivate them, open the taskbar (‘Ctrl’ + ‘Alt’ + ‘Del’) go to ‘Task Manager’ and then
    click the ‘Startup’ tab within the menu. Remember that some of these startup processes may be useful to
    you and your system. Think carefully about which apps or programs you don’t normally use when you start up
    your PC each day and then disable them. Frog Seo

    Run regular updates
    Regular updates do not reduce computer speed. However, they can remedy security weaknesses as well as performance issues
    ith Windows, so it’s something worth doing on a regular basis. Prog Frog

    Clean up your hard drive
    Your computer has a built-in app called ‘Disk Cleanup’ that you can find and select via the search bar on Windows 10’s
    ‘Start Menu’. It helps to eliminate files you no longer need. Choose files, program downloads, thumbnails, and offline
    pages that you want to delete. The app also calculates the memory you can free up by deleting certain files.

    BalasHapus
  2. Teknologi informasi meliputi teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang
    digunakan untuk memproses dan menyebarkan informasi baik bersifat finansial maupun
    non finansial. Investasi di bidang teknologi informasi membutuhkan dana yang besar dan
    akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Besarnya dana yan dikeluarkan
    tersebut mengharuskan organisasi untuk memanfaatkan teknologi informasi secara
    optimal. Pemanfaatan teknologi informasi secara efektif dapat dilakukan jika tiap individu
    dalam organisasi dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik. Artikel ini
    memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap
    pemanfaatan teknologi informasi dengan melakuakan kajian secara teoritis.
    Berdasarkan kajian teori dan telaah terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya
    yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi diperoleh enam faktor yang
    mempengaruhi pemanfaatan t. sumber Email Kopi

    BalasHapus
  3. daftar aplikasi design
    photoshop ilustrator premier
    sketchup 3dmax indesign
    Auto rempok

    BalasHapus
  4. Physical layer merupakan Lapisan pertama dalam model referensi jaringan OSI (lapisan ini merupakan lapisan terendah) dari tujuh lapisan lainnya. Lapisan ini mendefinisikan antarmuka dan mekanisme untuk meletakkan bit-bit data di atas media jaringan (kabel, radio, atau cahaya). Selain itu, lapisan ini juga mendefinisikan tegangan listrik, arus listrik, modulasi, sinkronisasi antar bit, pengaktifan koneksi dan pemutusannya, dan beberapa karakteristik kelistrikan untuk media transmisi (seperti halnya kabel UTP/STP, kabel koaksial, atau kabel fiber-optic). kopi frog

    BalasHapus
  5. Las Vegas casino games, online slots and roulette
    It's like no other 거제 출장안마 casino game. Every time we take the time, we play a game that's for 제주도 출장안마 real 순천 출장마사지 money. We love to try 과천 출장마사지 and win real money. Play and 제주도 출장마사지 win!

    BalasHapus